Skip to main content

Cara daftar sertifikasi lewat Simpatika | Silahkan daftarkan diri anda


Tahukah Anda kalau tahun 2017 ini sudah dibuka untuk pendaftaran sertifikasi guru di bawah naungan kemenag? Silahkan di buka akun simpatika anda, siapa tahu anda terpilih untuk bisa mengikuti sertifikasi guru tahun 2017 ini. Beikut ini adalah syarat-syarat untuk bisa mengikuti sertifikasi 2017. Syarat itu meliputi:

  1. Berstatus sebagai PNS atau Guru Tetap Yayasan (bagi guru bukan PNS) di madrasah negeri maupun swasta di bawah naungan Kemenag
  2. Belum pernah memiliki sertifikat pendidik
  3. Diangkat dalam jabatan fungsional guru sebelum tanggal 30 Desember 2005, kecuali bagi guru yang mengajar di Madrasah 
  4. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S-1/D-IV dari perguruan tinggi yang terakreditasi dan memiliki prodi yang telah memiliki izin penyelenggaraan
  5. Pada tanggal 1 Januari 2017 belum memasuki usia pensiun
  6. Memiliki NUPTK dan/atau NPK serta terdaftar aktif sebagai guru di Simpatika

Sudahkah anda memenuhi syarat diatasi? Kalau anda sudah memenuhi syarat diatasi maka anda sudah berhak untuk ikut sertifikasi guru, tentunya semua keputusan dan ketentuan hanya Simpatika yang menentukannya, cobalah anda cek akun simpatikanya kalau ada notifikasi atau pesan dari Simpatika yang bunyinya kurang lebih seperti ini



Contoh Notfikasi atau pesan di Akun Simpatika
" Yth. (Nama PTK), Sehubungan dengan program Sertifikasi Guru Periode 2017 melalui PLPG. Saudara terundang untuk menjadi kandidat calon peserta sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bilamana Saudara berminat mengikuti program Sertifikasi Guru 2017, silakan melengkapi isian bidang studi sertifikasi (jenjang dan mata pelajaran) yang sesuai dengan kompetensi Saudara." 

Kalau anda sudah mendapat notofikasi seperti diatas maka anda bisa mengikuti sertifikasi dengan mengkitu langkah-langkah selanjutnya dibawah ini :

➤Klik pada menu "Jenjang Materi" untuk memilih jenjang sesuai satminkal masing-masing


➤Klik pada menu "Mata Pelajaran" untuk memilih mata pelajaran yang diinginkan sesuai dengan kompetensi masing-masing

➤Jika sudah, klik "Lanjut"

➤Akan muncul pesan tentang rangkuman isian yang telah dipilih. Jika sudah benar, klik "Simpan", sedang jika keliru, silakan klik "Kembali" untuk melakukan pengeditan kembali

➤Pendaftaran selesai. Anda akan tercatat dalam sistem Simpatika sebagai kandidat calon peserta Sertifikasi Guru Periode 2017 melalui PLPG. Pantau terus akun Simpatika masing-masing untuk mengetahui perkembangan pendaftaran tersebut.

    Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas berarti anda sudah mendaftar dan terdaftar sebagai calon peserta sertifikasi guru 2017. Silahkan anda sering-sering lihat akun simpatika anda untuk mengetahui perkembangan status pendaftaran sertifikasi guru anda.

    Nah, kalau dalam pendaftaran sertifikasi guru ada yang perlu di edit silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

    ➤Silahkan Login ke akun simpatika masing-masing

    ➤Klik Menu SERTIFIKASI GURU dikolom sebelah kiri selanjutnya klik edit lihat gambar
    ➤Akan dimunculkan kembali pilihan untuk mengedit jenjang dan mata pelajaran sertifikasi guru. 

    ➤Pilih yang sesuai. selanjutnya Klik Lanjut

    Itulah cara untuk proses pendaftaran sertifikasi guru 2017 di layanan simpatika dan cara mengedit dalam proses pendaftaran baik untuk guru RA ataupun guru madrasah, semoga bermanfaat dan semoga anda terpilih untuk mengikuti PLPG.

    Popular posts from this blog

    Donwload aplikasi cetak NISN 2017 Gratis

    Juknis Penulisan SKHUN dan SKHUAMBN 2017

    Download Erapor SMK Bisa Versi 3.0 Terbaru Beserta Panduannya